Nasi Lengko

http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/

Nasi Lengko adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang walaupun tidak sepopuler empal gentong atau nasi jamblang, tetap memiliki penggemar yang tidak sedikit.
Makanan khas yang sederhana ini sarat akan protein dan serat serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan adalah 100% non hewani. Bahan-bahannya antara lain: nasi putih (panas-panas lebih baik), tempe goreng, tahu goreng, mentimun (mentah segar, dicacah), tauge (direbus), daun kucai (dipotong kecil-kecil), bawang goreng, bumbu kacang dan kecap manis. Dan, umumnya kecap manis yang dipergunakan adalah kecap manis encer, bukan yang kental. Disiramkan ke atas semua bahan.

Di Cirebon, nasi lengko bisa di nikmati pagi, siang, sore, juga malam. Kawasan jalan Pagongan adalah yang paling populer sebagai pusat nasi lengko khas Cirebon karena terdapat beberapa penjual nasi lengko khas Cirebon.

Untuk menambah selera makan, biasanya makanan ini disajikan dengan ditambah 5 atau 10 tusuk sate kambing yang disajikan secara terpisah di piring lain.

0 Response to "Nasi Lengko"

Posting Komentar

close