Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon

http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/

Jika berkunjung ke Cirebon tak lengkap rasanya mengunjungi objek wisata yang satu ini. Apakah kalian pernah ke sini sebelumnya? Taman Sari Gua Sunyaragi tepatnya, dijamin siapa saja yang ke sana pasti terkesima dengan keindahannya. Nuansanya sangatlah terasa seperti kita berada dalam suatu kerajaan di zaman dulu.

Gua Sunyaragi merupakan gua yang berada di daerah kelurahan Sunyaragi – Kesambi, tepatnya di Kota Cirebon. Disana terdapat bangunan yang terlihat mirip candi yang disebut Taman Sari Gua Sunyaragi. Asal-usul nama “Sunyaragi” tersebut terdiri dari 2 kata yaitu Sunya yang memiliki arti Sepi dan Ragi yang memiliki arti Raga, kedua kata tersebut adalah berasal dari bahasa Sansakerta. Didirikannya gua tersebut bertujuan sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Gua Sunyaragi termasuk cagar budaya di kota Cirebon dengan luas sekitar 15 Hektare. Cagar Budaya yang satu ini berlokasikan di sisi jalan By Pass Brigjen Dharsono. Untuk konstruksi maupun komposisi dari bangunan ini merupakan sebuah taman air. Oleh karena itu disebut Taman Air Gua Sunyaragi. Zaman dahulu kompleks gua tersebut dikelilingi Danau Jati namun saat ini sudah mongering. Gua Sunyaragi ini adalah salah satu bagian dari Keraton Pakungwati yaitu Keraton Kasepuhan.

http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/

Taman Sari Gua Sunyaragi dibagi menjadi 2 bagian yaitu Bagian Pesanggrahan yang dilengkapi dengan berbagai ruangan, yaitu serambi, ruang ibadah, kamar mandi, kamar rias, ruang tidur dan dikeliliingi oleh taman serta kolam. Sedangkan untuk bangunan gua berbentuk gunung-gunungan yang dilengkapi terowongan penghubung bawah tanah dan memiliki saluran air. Pada bagian luar bangunan, terlihat motif batu karang dan awan. Lalu pada bagian pintu gerbang luarnya berbentuk candi bentar sedangkan pintu bagian dalamnya berbentuk Paduraksa.

Secara garis besar Taman Sari Sunyaragi adalah tempat bagi para pembesar keraton dan prajuritnya bertapa untuk meningkatkan ilmu Kanuragan. Terdapat 12 Fungsi setiap Bagian Gua yaitu :

Bangsal Jinem adalah tempat Sultan memberi wejangan sekaligus melihat prajurit yang sedang berlatih. Di tempat inilah para Pengawal sultan di masa lalu berkumpul dan sekaligus bersiaga bilamana suatu-waktu Sultan yang mereka kawal mendapat ancaman.

http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Bangsal Jinem

Gua Pengawal yaitu sebagai tempat berkumpulnya semua pengawal Sultan beristirahat. Sekaligus bersiaga bilamana suatu-waktu Sultan yang mereka kawal mendapat ancaman.

http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Gua Pengawal

Komplek Mande Kemasan (sebagian telah hancur). Pada masa lalu berfungsi sebagai tempat disimpannya berbagai senjata keraton.

Gua Pandekemasan digunakan sebagai tempat membuat senjata-senjata tajam untuk keperluan berperang melawan musuh-musuh keraton. Di tempat ini para empu dan petinggi keraton sering berkumpul untuk merencanakan senjata apa saja yang harus di buat demi mempertahankan keraton dari ancaman luar. Karena pentingnya wilayah ini pada masa lalu tempat membuat senjata tajam ini selalu mendapat penjagaan ketat dari para pengawal keraton.

http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Gua Pandekemasan

Gua Simanyang adalah sebuah gua yang berada di depan wilayah taman air Sunyaragi mengingat fungsinya sebagai pos penjagaan dan garda depan dari ancaman dunia luar.


http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Gua Simanyang

Gua Langse sebagai sebuah tempat yang khusus diperuntukan kepada Raja dan permaisurinya bersantai. Karena tempat ini hanya diperuntukan untuk raja dan permaisurinya maka tempat inilah satu-satunya tempat yang dibuat dengan begitu indah agar raja ketika memasuki tempat ini bisa merasa sangat nyaman dan melupakan sejenak kepenatannya memerintah.

http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Gua Lengse

Gua Peteng sebagai tempat nyepi untuk melatih kekebalan tubuh.

http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Gua Peteng

Gua Arga Jumud fungsinya mirip dengan Gua Langse, hanya bedanya untuk Gua Arga Jumud ini dikhususkan bagi para petinggi keraton baik ketika bersantai maupun ketika mengadakan rapat-rapa penting dalam hal menyangkut keraton.


http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Gua Arga Jumud

Gua Padang Ati sebuah gua yang berfungsi untuk mersemedi agar memiliki kelapangan dada, keikhlasan dan kecerdasan seperti yang dimaksud oleh nama gua itu sendiri yaitu padang ati yang artinya terang hati.

http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Gua Padang Ati

Gua Kelanggengan digunakan untuk tempat bersemedi agar langgeng jabatannya.


http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Gua Kelanggenngan

Gua Lawa merupakan tempat berkumpulnya para kelelawar.


http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Gua Lawa

Gua Pawon sebagai ruangan dapur dan penyimpanan makanan.


http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Gua Pawon


Sejarah Berdirinya Gua Sunyaragi
Sejarah berdirinya Tamansari Gua Sunyaragi memiliki dua versi, yang pertama adalah menurut cerita para bangsawan Cirebon atau keturunan keraton yang disampaikan secara turun-temurun. Versi tersebut dikenal sebagai Carub Kanda. Versi kedua merupakan versi Caruban Nagari yaitu berdasarkan buku Purwaka Caruban Nagari yang ditulis tangan oleh Pangeran Kararangen (Pangeran Arya Carbon) pada tahun 1720. Versi inilah yang digunakan sebagai acuan bagi pemandu wisata Gua Sunyaragi. Berdasarkan versi tersebut Gua Sunyaragi didirikan oleh Pangeran Kararangen yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati pada tahun 1703.

Lalu bagaimanakah dengan misteri yang konon ada disitu ? Ya, ternyata terdapat suatu misteri disana. Lalu apakah misterinya ? Mari kita ulas lagi bagi yang penasaran, Misteri Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon salah satunya adalah Misteri Patung Batu Gua Sunyaragi.

http://eksplorecirebon.blogspot.co.id/
Perawan Sunti
Ada suatu bagian di komplek Taman Sari Gua Sunyaragi yaitu tepatnya di bagian Gua Peteng, disana terdapat sebuah patung batu yang bernama Perawan Sunti. Lalu misteri apakah yang terdapat disitu ? Konon siapapun yang memegang patung batu tersebut akan sulit jodoh. Percaya atau tidak percaya, Anda sebaiknya didampingi pemandu wisata (Tour Guide) daripada salah pegang. Tetapi bagi yang tidak sengaja memegang patung tersebut, ada baiknya Anda pergi ke Gua Kelanggengan yang berada tidak jauh dari pohon lengkeng. Konon disitu juga siapapun yang masuk ke Gua Kelanggengan tersebut akan enteng jodohnya. Jika sudah memiliki jodoh, dipercaya juga langgeng terus cintanya. Tapi pada saat musim hujan, Gua Kelanggengan ini tidak dapat dimasuki dikarenakan tergenang air.

Semoga bisa bermanfaat untuk semua pembaca ya. Terutama untuk yang akan berwisata ke Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon. Tetap berhati-hati dan sopan santun saat berwisata kemanapun. 

0 Response to "Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon"

Posting Komentar

close